Tips Dan Trick Antivirus | www.aroemi.com - Software

Virus, virus, dan virus lagi. Kata itu seakan menjadi momok yang paling menakutkan bagi setiap pemilik komputer. Terlebih lagi bagi mereka yang tengah melakoni penyusunan skripsi guna menyelesaikan studinya. Sebenarnya komputer kita tidak akan terjangkit virus jika kita memiliki antivirus.
Antivirus adalah sebuah jenis perangkat lunak yang digunakan untuk mendeteksi dan menghapus virus komputer dari sistem komputer. Disebut juga Virus Protection Software. Aplikasi ini dapat menentukan apakah sebuah sistem komputer telah terinfeksi dengan sebuah virus atau tidak.
Umumnya, perangkat lunak ini berjalan di latar belakang (background) dan melakukan pemindaian terhadap semua berkas yang diakses (dibuka, dimodifikasi, atau ketika disimpan).
Sebagian besar antivirus bekerja dengan beberapa metode seperti, pendeteksian dengan menggunakan basis data virus signature (virus signature database), dan pendeteksian dengan melihat cara bagaimana virus bekerja.
Apa jadinya jika dokumen pekerjaan kita yang ada di komputer tiba-tiba hilang, terhapus, atau tidak bisa dibuka gara-gara terkena virus komputer? Pastinya hal tersebut akan membuat kita pusing tujuh keliling. Apalagi jika pekerjaan tersebut adalah pekerjaan yang sangat penting dan harus segera diselesaikan.
Stop. Jangan bingung-bingung. Cepat buka internet dan cobalah cari cara bagaimana untuk mengembalikan file kita yang hilang. Atau jika tidak kita bisa menggunakan bantuan antivirus untuk melacak keberadaan file kita.
Virus komputer bekerja dengan cara menggandakan diri dan menyebar ke dalam software ataupun dokumen lain. Ada banyak jenis virus yang beredar di komputer, mulai dari yang tidak berbahaya, merusak dokumen, merusak software, hingga yang bisa merusak perangkat komputer kita. Cara aman agar kita terlindung dari virus ini adalah dengan memasang antivirus ke dalam komputer kita.

Cara Kerja Anti Virus

Antivirus adalah software yang diciptakan untuk mengamankan, mendeteksi, dan menghapus virus yang ada di dalam sistem komputer kita. Dengan memasang antivirus ini, diharapkan jika ada virus yang masuk ke dalam komputer kita, bisa langsung terdeteksi karena antivirus bekerja secara background dan terus menerus melakukan monitoring terhadap sistem yang ada di komputer kita.
Di dalam software antivirus ini tersedia database virus yang sudah dimasukkan oleh orang atau perusahaan pembuat antivirus. Semakin banyak database virus yang ada di sebuah software antivirus, semakin baik antivirus tersebut melindungi komputer kita dari serangan virus. Selain database, anti virus juga mempunyai sistem deteksi dengan mengetahui bagaimana virus bekerja. Jika sebuah sistem komputer bekerja seperti tanda-tanda sistem kerja virus, maka sistem komputer tersebut otomatis akan terdeteksi sebagai virus.
Saat terdeteksi adanya virus di dalam sistem komputer kita, antivirus akan memberikan peringatan terhadap pengguna. Peringatan ini bisa kita tindak lanjuti dengan menghapus sistem yang terdeteksi sebagai virus ataupun membiarkan sistem tersebut tetap berjalan.
Dalam tindak lanjut terhadap sistem yang dianggap seperti virus ini, kita harus berhati-hati dan cermat. Karena ada virus yang sengaja mengubah file sistem komputer kita sehingga terdeteksi sebagai virus. Jika file sistem ini kita hapus, bisa jadi komputer kita akan crash dan harus dilakukan install ulang sistem operasi.
Antivirus sendiri menyediakan layanan setting bagaimana anti virus tersebut bekerja. Setting-lah program antivirus tersebut untuk mendeteksi virus secara wajar. Apakah proses pengenalan antivirus dilakukan secara ekstrem bisa jadi akan sering terjadi peringatan oleh antivirus tersebut. Jika setting terlalu lunak maka hal tersebut bisa menimbulkan virus dapat berkembangbiak di dalam sistem komputer kita dengan leluasa.

Memilih Antivirus

Banyak sekali antivirus yang bisa kita dapatkan di pasaran. Mulai dari yang harus kita beli untuk mendapatkannya ataupun yang bisa kita dapatkan secara gratis. AVG free, Norton Free, Avira Free adalah contoh software antivirus yang bisa kita dapatkan secara gratis.
Kita bisa mengunjungin situs resminya untuk mendapatkan file installer. Bitdefender, AVG Professional, Avira, Kaspersky adalah beberapa anti virus yang bisa kita dapatkan dengan cara membeli terlebih dahulu. Indonesia sendiri sudah membuat beberapa antivirus lokal antara lain Smadav, PCMav, Ansav, Vaksincom, dan masih banyak lagi. Antivirus ini ada yang bisa kita dapatkan secara gratis atau harus membayar.
Saat komputer kita terkena virus, kita bisa melihat virus apa yang menyerang dengan melihat kerusakan yang terjadi pada dokumen kita. Carilah informasi tentang virus yang menyerang komputer kita dari internet karena terdapat berbagai jenis virus yang mengakibatkan kerusakan yang berbeda. Setelah kita mengetahui jenis virus  yang merusak sistem komputer kita, kita bisa memilih antivirus yang tepat.
Antivirus lokal sangat ampuh untuk membersihkan virus lokal seperti brontok, akakom, amburadul, ban bocor, dan jenis virus lain. Jika yang menyerang komputer kita adalah varian virus luar negeri, lebih baik kita memilih antivirus buatan asing seperti AVG, bitdefender, avira, dan yang lain. Untuk perlindungan yang maksimal, jangan lupa untuk terus mengupdate antivirus yang terpasang ke dalam komputer kita.

Antivirus Pilihan Terbaik

Seiring dengan perkembangan internet yang semakin maju, penyebaran virus juga semakin kencang. Bahkan perusahaan sekelas Microsoft pada tahun 2000-an yang lalu pernah terganggu oleh virus kecil. Oleh sebab itu sekarang semakin banyak antivirus yang diproduksi untuk membantu pengguna komputer dan internet dalam membersihkan virus penyebab “penyakit” alat teknologi kesayangan mereka.
Seperti yang sudah Anda ketahui ada banyak sekali antivirus yang bisa Anda dapatkan. Mulai dari antivirus lokal, internasional, yang gratis, dan juga antivirus berbayar. Masing-masing memiliki kekurangan dan kelebihannya. Marilah memilih jenis antivirus apa yang paling baik untuk komputer Anda!
Adapun daftar macam-macam antivirus yang bisa Anda pilih, daftarnya ada di bawah ini.
  • Microsoft Security Essentials
Mungkin dengan nama antivirus satu ini ada banyak orang yang belum pernah mendengar maupun menggunakannya. Seperti namanya, produk ini adalah besutan dari perusahaan raksasa Microsoft.
Antivirus ini khusus untuk komputer yang berbasis Windows 7. Dengan memasang antivirus ini komputer Anda akan bebas dari berbagai macam virus, spyware, dan hal semacamnya yang akan menghalangi kinerja komputer Anda.
Produk besutan dari Microsoft ini bisa Anda dapatkan secara gratis. Walaupun bisa terbilang baru, namun produk ini sudah memiliki keunggulan yang bisa menyamai versi premium. Pokoknya produk ini cocok untuk untuk Anda yang memiliki komputer atau PC Windows 7. Jangan khawatir dengan kualitas, antivirus lain bisa saja kalah dengan performa produk ini.
  • Avast Free
Produk ini memiliki 2 versi, yaitu gratis dan berbayar. Keunggulan dari produk ini adalah dilengkapi dengan “senjata” untuk melawan berbagai macam firewall, spyware, antispam, dan deteksi website yang terjangkit virus. Tentunya menggunakan produk ini bisa menguntungkan Anda.
Dengan “senjatanya” tersebut, antivirus ini memberikan perlindungan ganda. Ayo, lindungi komputer Anda dengan Avast.
  • AVG
Nah, nama yang satu ini pastinya sudah sering Anda dengar. AVG memang memiliki keunggulannya tersendiri dibandingkan produk semacamnya. AVG masuk ke dalam jajaran antivirus paling baik sehingga pantas saja jika namanya begitu sangat terkenal.
Sama seperti Avast, AVG juga terdiri atas 2 versi. Ada yang gratis dan premium, tentunya yang premium akan memberikan perlindungan lebih baik.
Anda tidak akan kesulitan ketika menginstall dan menggunakan AVG karena hanya beberapa menit saja Anda sudah bisa menggunakannya di komputer Anda.
  • Avira AntiVir Personal
Avira memiliki kinerja yang sangat bagus dalam mendeteksi virus, rootkit threat, dan spywarem. Sayang sekali, kinerja yang bagus hanya bisa dilakukan untuk versi premium. Versi gratisnya masih belum bisa secara otomatis melacak datangnya virus yang datang lewat email. Harus ada pemindaian konvensional lebih dahulu.
Itulah bahasan mengenai antivirus yang bisa membantu Anda membasmi kekuatan jahat dari virus. Semoga bisa bermanfaat dan membantu komputer Anda agar bisa terbebas dari infeksi.
Previous
Next Post »
Thanks for your comment