Tentang Photoshop | www.aroemi.com - Software

Siapa tak kenal Adobe Photoshop? Jika mendengar kata fotografi, satu istilah ini juga biasanya langsung terlintas di benak kita. Ada foto, ada edit foto. Bukan hanya para penggemar fotografi, para desainer grafis juga kerap menggunakan perangkat lunak ini.
Adobe Photoshop merupakan perangkat lunak editor citra buatan Adobe Systems Incorporated, sebuah perusahaan perangkat lunak komputer asal Amerika sejak tahun 1982, berkedudukan di San Jose, California, Amerika Serikat. Penemunya, John Warnock dan Charles Geschke, sebelumnya pernah bekerja di Xerox PARC, dan berhenti ketika keduanya memutuskan untuk mengembangkan dan menjual bahasa deskripsi PostScript.
Photoshop merupakan perangkat lunak khusus untuk mengedit atau mengoreksi hasil foto atau gambar dan membuat atau menambah efek pada foto/gambar. Perangkat ini pertama kali dikenalkan sebagai produk andalan Adobe pada tahun 1989, yang mana merupakan program koreksi grafis untuk Macintosh. Aplikasi ini diciptakan oleh Thomas Knoll dan John Knoll pada awal musim panas, 1988, yang kemudian dibeli lisensinya oleh Adobe Systems pada September 1988.
Adobe Photoshop dan Adobe Acrobat disebut sebagai produk terbaik yang pernah diproduksi oleh Adobe Systems hingga mendapatkan penghargaan Standar Internasional, ISO 32000-1: 2008. Kini perangkat ini telah banyak digunakan oleh fotografer digital profesional, desainer grafis, dan perusahaan iklan. Popularitas yang dihasilkan perusahaan yang termasuk jajaran perintis ini masih sulit disaingi, sehingga Adobe dapat dikatakan sebagai market leader(pemimpin pasar) untuk perangkat lunak pengolah gambar atau foto.

Fitur Adobe Photoshop 

Awalnya, Photoshop dirancang Thomas Knoll, PhD., lulusan University of Michigan, yang menciptakan program untuk menayangkan atau menampilkan gambar format hitam-putih ataugrayscale ke dalam tayangan monokrom atau monochrome. Program yang dinamainyaDisplay ini, kemudian dilirik John Knoll, saudara laki-lakinya yang telah bekerja di Industrial Light & Magic, dan disarankan agar disempurnakannya hingga menjadi program editing atau koreksi gambar.
Mereka kemudian berkolaborasi dan terciptalah Photoshop. Sekarang, seiring dengan inovasinya, perangkat lunak ini pun dapat dipakai untuk mengoreksi gambar, menambah efek pada gambar atau filter, mengubah gambar, bahkan memproduksi gambar untuk World Wide Web. Beberapa versi terakhirnya juga dilengkapi aplikasi tambahan, yaitu Adobe ImageReady.

Photoshop mempunyai hubungan erat dengan beberapa perangkat lunak penyunting media, animasi, dan authoring buatan, Adobe yang lain. File format asli Photoshop (PSD) dapat diekspor ke dan dari Adobe ImageReady. Photoshop dapat menerima penggunaan beberapa model warna, yaitu sebagai berikut.
  • RGB color model;
  • Lab color model;
  • CMYK color model;
  • Grayscale;
  • Bitmap; dan
  • Duotone.

Versi Adobe Photoshop

Pada tahun 1990, Adobe meluncuran seri pertama perangkat lunak ini untuk umum, dengan label Adobe Photoshop 1.0. Seiring dengan pengembangan manajemennya, program-program pembaharuan terus ditanam pada aplikasi ini hingga Adobe terus meluncurkan versi-versi baru untuk pasar luas.
Dari mulai versi 2.0 (dikenal juga dengan nama kode Fast Eddy), versi 2.5 (codename Merlinuntuk kompabilitas pada Macintosh, dan Brimstone untuk Windows), versi 3.0 (codename Tiger Mountain), versi 4.0 (codename Big Electric Cat), versi 5.0 (codename Strange Cargo), versi 5.5 (codename masih Strange Cargo), versi 6.0 (codename Venus in Furs), versi 7.0 (codename Liquid Sky), dan versi 7.0.1.
Photoshop CS adalah nama versi kedelapan aplikasi ini. Versi pertama CS ini dirilis pada Oktober 2003. Perbedaan nyata yang dimiliki versi ini dibanding Adobe Photoshop sebelumnya adalah versi ini dapat mengolah format mentah atau raw media dari berbagai kamera digital dan juga mendukung koreksi ekstensif untuk gambar 16-bit warna.
Versi kesembilan dan selanjutnya dari Adobe Photoshop ini terus menggunakan istilah CS (yang merupakan akronim dari Creative Suit) dan diikuti nomor urut di belakangnya, yaitu Adobe Photoshop CS2, Adobe Photoshop CS3 untuk versi kesepuluh, versi Adobe Photoshop CS4 untuk versi kesebelas, dan Adobe Photoshop CS5 untuk versi keduabelas, dan yang terakhir dirilis di pasaran pada Maret 2012 adalah Adobe Photoshop CS6.
Versi sembilan dirilis pada 2005 dan dipasarkan dengan nama Photoshop CS2. Versi ini memiliki beberapa tambahan, seperti multiple layer selecting dan “warp”, versi kurva daritransform tool dan color replacement tool.
Adobe juga menyediakan filter reduce again (mengurangi grain) untuk para penggemar fotografi. Filter ini membantu mengoptimalkan foto yang diambil saat kondisi kekurangan cahaya. Photoshop CS dan CS2 memakai bulu sebagai ikon dan bentuk identifikasinya.
Pada tanggal 15 Desember 2006, dirilis versi beta Photoshop CS3 untuk pengguna CS2. Logonya berbeda dengan versi sebelumnya, yaitu berbentuk tipografi dengan huruf ‘Ps’ warna putih dan berlatar belakang biru gradien.
Adobe Photoshop CS4 (Adobe Photoshop Creative Suite 4) adalah versi baru program Adobe Photoshop yang dikeluarkan oleh Adobe Systems Incorporated. CS4 tersedia dalam dua versi dan merupakan penyempurnaan versi-versi sebelumnya.
Versi ini sudah mencakup software print, mobile, interaktif, film, dan pembuatan video. Produk-produk yang dikeluarkan oleh Adobe Photoshop CS4, yaitu design premium, web premium, production premium, dan master collection.
Adobe Photoshop CS5 memperkenalkan hingga 30 fitur atau peralatan, seperti Content-Aware Fill, Refine Edge, Mixer Brush, Bristle Tips, Puppet Warp, dan lain-lain. Pengembangan fitur ini juga didukung oleh hasil-hasil inovasi komunitas pecinta Photoshop.
Sementara Adobe Photoshop CS6 bahkan mendukung untuk editing atau koreksi video. Fitur canggih pada versi ini dikenal dengan “straighten tool” yang mana dengan peralatan ini pengguna dapat menarik garis lurus di sudut mana saja pada gambar, dan garis lurus tersebut akan secara otomatis mengorientasikan dan menyesuaikan dirinya dengan media gambar. Garis tersebut dapat langsung berubah horizontal, vertikal, atau miring, sesuai perspektif gambar.

Format File

Adobe Photoshop berkemampuan membaca dan menulis gambar dengan format raster dan vektor seperti png, gif, jpeg, dan lain-lain. Beberapa format file khas yang dimiliki Photoshop adalah sebagai berikut.
  • PSD (Photoshop Document), yaitu format yang menyimpan gambar dalam bentuklayer, termasuk teks, mask, opacity, blend mode, channel warna, channel alpha,clipping path, dan setting duotone.
  • PSB, yaitu versi terbaru dari PSD yang didesain untuk file dengan ukuran lebih dari 2 GB.
  • PDD, yaitu versi lain dari PSD dan hanya mampu mendukung fitur perangkat lunak PhotoshopDeluxe.

Tool

Dalam Adobe Photoshop, tool adalah alat yang berfungsi membantu pengguna dalam mengedit. Berikut beberapa tool yang ada di Photoshop.
  • History Brush Tool
  • Eraser Tool
  • Path Selection Tool
  • Direct Selection tool
  • Pen Tool
  • Shape Tool
  • Brush Tool
  • Audio Annotation Tool
  • Eyedropper Tool
  • Measure Tool
  • Text Tool
  • Hand Tool

Dampak Terhadap Industri Fotografi

Perkembangan perangkat lunak untuk koreksi gambar Adobe Photoshop ini digital sangat mempengaruhi industri fotografi, yaitu terciptanya photo retouching (seni pengolah gambar), dan photo manipulation (seni manipulasi foto) atau photo creation, jika meminjam istilah yang lebih halus.
Memaksimalkan hasil akhir foto yang mungkin kurang sempurna layaknya fotografer profesional, hingga manipulasi atau mengubah total hasil akhir foto hingga bersifat lebih imajinatif, kini mampu dilakukan oleh seorang amatir.
Photoshop kini menjadi standar di dunia industri pada masa revolusi digital. Banyak fotografer kini ‘mewajibkan’ penggunaan perangkat lunak ini, mengingat fungsinya yang benar-benar dibutuhkan dan bernilai tambah.
Meski demikian, masih ada fotografer yang lebih mengutamakan pengambilan gambar yang sesempurna mungkin dari pada harus mengoreksi gambar lagi, yang membutuhkan waktu lebih. Terutama bagi penggemar fotografi analog. Terlepas dari itu, keberadaan Adobe Photoshop memberi satu warna tersendiri di industri fotografi dan orang-orang yang bergelut di dunia kreasi-imajinasi gambar dan foto
Previous
Next Post »
Thanks for your comment