Mengatasi Masalah Saat Menggunakan OpenID Yang selalu Gagal | aroemi.com

Apa itu openID, bagaimana menggunakan openID blogspot untuk komentar, disini tidak menjelaskan tentang hal tersebut, mudahan mengerti dengan dengan adanya gambar di bawah ini. Langsung ke titik permasalahan yang sering di hadapi pengguna blogger, ketika ingin berkomentar menggunakan openID blognya. 

Yaitu terkadang sering 
"Your openid Credentials Could Not be Verified". Atau "Openid Anda Kredensial tidak dapat diverifikasi" (versi bhs indonesia). 

Blogger secara default ketika anda membuat blog, berarti ada openIDnya, dan dapat dilihat di setingan dashboard Blogger.



Dan pada sumber template blognya, ketika dilihat disumber kodenya di laman "index" terdapat seperti gambar di bawah ini.


Atau gampangnya lihat sumber pada laman depan (Home page / Beranda Blog) dan lihat sumber kodenya seperti gambar di atas. Itu jelasnya openID blognya dapat digunakan dan telah terverifikasi di HTML template blognya. 

Dengan catatan tidak menghapus ataupun meniadakan tag : <b:include data='blog' name='all-head-contant' /> yang terdapat di bawah "<head>", Atau dengan kata lain canonical link element yang terdapat attribute rel="canonical", openID Blogspot sudah di bundle dengan tag kode di atas. Dan blog yg ingin dikomentari mengizinkan komentar openID. 


Masalahan yang sering terjadi para pengguna Blogger yang ingin berkomentar menggunakan openID diantaranya adalah :
  • Sering gonta ganti template blog tag kode seperti diatas (lupa atau tidak tahu kegunaan) seperti gambar diatas.
  • Template blognya download tan dan di HTML templatenya tidak menyertakan tag kode tersebut, atau yang semisal seperti gambar diatas.
  • Tidak mengerti tag data openID markup bahasa HTML Blogger, dan lain lain. 
Tag data HTML Blogger khusus untuk openID, apabila tidak menginginkan tag tersebut dengan alasan alasan tertentu.

[ data:blog.openIdOpTag ] adalah markup Bahasa HTML Blogger untuk token openId, sebagai alternatif bila tidak menyertakan tag "include data='blog' name='all-head-contant":
<b:if cond='data:blog.openIdOpTag'>
<data:blog.openIdOpTag/>
</b:if>

Keluar / Output: di Laman type "index". 


<link href="https://www.blogger[dot]com/openid-server.g"  rel="openid.server"/>
<link href="http://penggunaNama.blogspot[dot]com/" rel="openid.delegate"/>

Logikanya bila HTML blognya tetap menanamkan tag <b:include data='blog' name='all-head-contant' /> ini, tidak menyusahkan penggunanya dan yang merawat adalah dari Team Blogger. Seandainya mengubah atau menginginkan sensasi yang lain, setidaknya saya sudah tidak NYOBI lagi... 

Catatan:
 - penggunaNama.blogspot[dot]com akan berganti disaat blognya di custom domain.
- Protokol Blogger [https: atau http:] tergantung Google mengkondisikan Blogger.
Previous
Next Post »
Thanks for your comment