All About Acer | www.aroemi.com - Electronik

Persaingan dunia komputer memang tak ada habisnya. Setelah para pesaingnya mulai membuat inovasi, Accer pun tak mau ketinggalan. Ramalan tentang akan berkuasanya computer tablet dan akan mematikan pasar netbook tak membuat Acer gentar sama sekali. Baru-baru ini, Acer akhirnya membuat sebuah perangkat netbook yang diberi nama Acer Aspire One D255. Inovasi apa yang ditawarkan Acer?

Dua Sistem Operasi

Ternyata, dalam netbook ini dipasang dua sistem operasi sekaligus, Windows 7 dan Android. Biasanya, di produk Acer yang lainnya hanya dipasangkan windows 7. Sekarang, sudah tertanam pula sebuah sistem operasi bernama Android yang sedang ngetren di kalangan para pengguna smartphone.
Ya, memang Acer kali ini menambahkan fasilitas unik, yaitu Android. Fungsi dari Androis sebenarnya adalah sebagai sistem operasi cadangan, jika Anda malas masuk ke windows 7 Started Edition. Di dalam fasilitas Android tersebut, Anda akan menemukan berbagai aplikasi komputasi browser, mulai dari browser sampai dengan email client.
Untuk masuk ke Android, Anda tidak memerlukan waktu lama hanya sekitar 10 detik. Setelah itu, Anda akan berhadapan dengan tampilan seperti Android di Smartphone. Tampilannya lengkap dengan menu deretan aplikasi. Android pun tidak kesulitan dalam menemukan jaringan WiFi, begitu pula ketika flashdisk yang ditancapkan.
Meskipun demikian, ada beberapa hal yang dirasa mengganggu. Pertama, Acer tidak menyediakan tombol khusus untuk masuk ke fasilitas Android. Jadi, Anda tetap saja harus memencet tombol Power terlebih dahulu. Masalahnya, ketika ingin masuk Windows 7, Anda harus menekan tombol f9 ketika StartUp. Apabila lupa, sistem secara otomatis akan masuk ke Android. Sebaliknya, jika Anda menekan tombol sembarangan, sistem baru lanjut ke Windows 7.
Dengan begitu, prosedur ini dirasa merepotkan, karena memerlukan perhatian dan waktu khusus untuk masuk ke Windows 7. Sebaiknya, Acer menyediakan dua tombol khusus untuk masuk ke Android dan Windows 7, sehingga lebih praktis.
Kekurangan lainnya dari Acer Aspire One D255 adalah tidak adanya Androis Market di jendela aplikasi. Padala dalam kenyataannya, Android Market akan memudahkan Anda dalam mendapatkan aplikasi tambahan. Alhasil, meskipun menarik, tapi keberadaan Android di Aspire One D255 terada kurang maksimal.

Atom N550

Kelebihan netbook Acer kali ini bukan hanya di sistem operasi,  melainkan juga prosesor khas netbook, yaitu intel atom pun kini ditingkatkan. Hal ini dilakukan Acer untuk mengejar persaingan antara netbook dan komputer tablet yang sudah dimulai. Beberapa komputer tablet sekarang bahkan sudah mulai menyapa para pengguna gadget di Indonesia. Bedanya, sampai saat ini, baik notebook (laptop), netbook, atau komputer tablet lain hanya memiliki satu sistem operasi.
Biasanya, netbook khas Acer dilengkapi dengan atom N450. Sekarang, dengan produk Acer Aspire One-nya ini disediakan prosesor N550 yang berbasis core2. Slogan “Wherever You Go, Quicker Connect”, dan ditambah tampilan desain yang lebih tipis. Sasaran yang dituju Acer sendiri adalah anak muda dan ibu rumah tangga demi memudahkan segala bentuk aktivitas yang dilakukan.
Jika berkaca ke hasil pengujian, terlihat kalau Atom N550 akan terasa manfaatnya apabila Anda sering melakukan multitasking atau aplikasi multithread. Pada kondisi tersebut, peningkatan peforma yang terjadi bisa mencapai 40%. Sementara pada aplikasi singlethread, kecepatan atom N550 akan lebih lambat, sehingga membuat kinerja tertinggal sekitar 10%.
Berdasarkan fakta tersebut, kehadiran atom N550 dirasa cukup menyegarkan pasar netbook. Mayoritas masyarakat yang melakukan banyak hal secara bersamaan (seperti, mendengarkan musik sampil berselancar di dunia maya), kehadiran atom dua inti dirasa sesuai dengan kebutuhan tersebut.
Fakta lain dari aton N550 adalah keberadaan ekstra inti tidak membuat processor boros listrik. Hal ini terlihat dari peforma netbook yang mampu bertahan sampai 8 jam. Kelebihan aton N550 ini berpadu manis pada Acer Aspire One D255.

Fasilitas

Netbook ini punya kapasitas hardisk sebesar 250 GB. Meskipun begitu, di beberapa kalangan netbook lainnya, ada yang sudah memasang kapasitas hardisk sebesar 320 GB.  Sebagaimana sebuah netbook, Acer Aspire One pun dilengkapi 6 sel baterai yang diperkirakan bertahan selama delapan jam dalam pemakaian normal. Akan tetapi, ketika netbook selalu terkoneksi dengan internet, pastinya penggunaan baterai akan tersedot lebih besar. Dan, sampai saat itu, tentunya bisa membuat kekuatan baterai menjadi boros.
Tampilan layar dengan kekuatan resolusi sebesar 1024x600 yang sudah menjadi standar resolusi sebuah komputer ataupun laptop. Akan tetapi, dengan layar yang lebarnya hanya 10.1 inch, netbook tetap saja dilihat kecil dibandingkan dengan layar laptop atau notebook yang bisa mencapai ukuran sebesar 14 inch atau ada juga yang sudah berukuran 17 inch.

Bluetooth

Koneksi bluetooth terbaru 3.0 juga dijadikan sebagai pemanis di netbook acer ini. Selain itu, meskipun memiliki daya yang kuat, tidak terdapat ruang untuk penyimpanan cd room atau dvd room. Tentunya karena ukuran netbook yang kecil. Jadi, kalau kita ingin menginstal berbagai macam software atau menginstal ulang kembali sistem operasi dan dibutuhkan media seperti flashdisk atau hardisk portable yang tentunya harus diformat terlebih dahulu.

Keren dengan Mobility Tinggi

Ada 5 pilihan warna yang tersedia untuk netbook tipe Acer Aspire One D255. Kelima warna tersebut adalah Aquamarine Blue, Seashell White, Sandstone Brown, Ruby Red, dan Diamond Black. Jadi, Anda bisa menyesuaikan warna dengan preferensi pribadi.
Bukan hanya menarik dari segi warna, melainkan juga desainnya. Meski menggunakan processor yang lebih “panas”, Acer tetap berhasil merancang Aspire One D255 dengan desain tipis dan ramping.
Netbook Aspire One D255 ini, Acer kembali menggunakan didesain chiclet, seperti generasi sebelumnya. Desain tersebut membuat proses ketik-mengetik terasa lebih nyaman. Meskipun demikian, Acer mungkin bisa membuat tolakan tombol yang lebih mantap dibandingkan desain ini.
Tidak hanya dari segi desain, tetapi juga baterai Acer yang berukuran kecil, ternyata bertipe 6-cell. Baterai ini mampu bertahan sampai dengan 8 jam lamanya, apabila digunakan untuk menjalankan teks dan musik.

Harga Acer Aspire D255

Untuk masalah harganya, netbook Acer ini cukup terjangkau di kalangan masyarakat luas. Netbook Acer Aspire One D255 dengan OS Windows 7 Started d=an Android InstantOn, harganya hanya berkisar 3,5 juta rupiah. Sementara, untuk Acer Aspire D255 dengan operasi sistem Linux, harga yang ditawarkan berkisar 3 juta rupiah.
Netbook ini memang bergantung pada penggunaannya. Netbook memang dispesialisasikan bagi mereka yang ingin membuat catatan-catatan kecil selama perjalanan, atau menghabiskan waktu sambil menonton film, dan mendengarkan musik di perjalanan.
Kabar yang beredar sekarang adalah harga yang akan dirilis di pasaran sekitar 3 juta rupiah. Rasanya pas untuk kantong kita dan dengan teknologi yang mencakup di dalam netbook acer ini, apalagi dengan tampilan di dalamannya yang bisa dibilang, wow!
Ya, tidak bisa dipungkiri dari sekian kelebihannya, Acer Aspire One D255 masih memiliki kekurangan. Meskipun demikian, Acer tetap bisa membuktikan bahwa produk yang dirilisnya semakin hari semakin bagus. Mulai dari penambahan fasilitas, tampilannya yang keren, dampai dengan harga terjangkau.
Jadi, kesimpulannya secara fasilitas Acer D255 tidak jauh berbeda dengan netbook lainnya. Di sekeliling tubuhnya bertengger koneksi USB 2.0 (3 buah), Ethernet, slot memori, dan VGA-out. Sementara di sisi koneksi nirkabel, netbook ini dibekali dengan WiFi b/g/n/ tanpa Bluetooth.
Di sekeliling tubuhnya bertengger koneksi USB 2.0 (3 buah), Ethernet, slot memori, serta VGA-Out. Sedangkan di sisi koneksi nirkabel, netbook ini dibekali WiFi b/g/n. selain iu keunggulannya dengan atom N550, membuat kinerja semakin optimal.
Demikianlah sekilas informasi mengenai netbook terbaru yang dirilis Acer, yaitu Accer Aspire One D255. Semoga dengan adanya informasi tersebut bisa menjadi referensi Anda dalam membeli netbook.
..... ( lanjutkan membaca setelah login gratis di sini )
Previous
Next Post »
Thanks for your comment