Sekilas Pengertian Affiliate Marketing | www.aroemi.com

Sekilas Pengertian Affiliate Marketing - Orang-orang kini menggunakan kacamata baru dalam memandang arti kesuksesan. Mereka tidak lagi secara otomatis mengasumsikan bahwa satu-satunya cara untuk berhasil adalah selalu bergerak naik jenjang karir di perusahaan dan bekerja lembur setiap hari. Pilihan yang lebih baik adalah affiliate marketing. Apa sebenarnya affiliate marketing?
Pengertian Affiliate Marketing
Dari segi bahasa affiliate marketing adalah pemasaran yang dilakukan seorang affiliate (sales person freelance) untuk memasarkan produk berupa barang atau jasa di internet. Sedangkan affiliate adalah orang yang membantu menjualkan produk orang lain dan mendapatkan komisi dari setiap produk yang berhasil mereka jual.
Affiliate jika diterjemahkan bebas dalam bahasa Indonesia adalah calo. Orang Sunda menyebutnya: biong. Istilah lazim yang melekat padanya adalah broker.
Perbedaan Afiliate dan Sales Person
Affiliate dan sales person pada dasarnya memiliki kesamaan, yaitu sama-sama menjual produk berupa barang atau jasa. Untuk lebih jelas, marilah kita lihat perbedaan affiliate dan sales person.
Berikut ini adalah perbedaan antara sales person dan affiliate, perbedaan tersebut meliputi hal-hal sebagai berikut.
Ciri-Ciri Sales Person
Adapun ciri-ciri sales person adalah sebagai berikut.
  1. Sales person adalah orang yang bekerja memasarkan produk barang atau jasa sebuah perusahaan. Mereka memperoleh gaji, dan komisi dari setiap penjualan yang melampaui target. Jika mereka gagal menjual produk sesuai target; mereka tetap mendapatkan hak berupa gaji.
  2. Sales person memiliki kontrak kerja minimal 3 bulan dan memiliki target penjualan yang harus dicapai. Jika target penjualan meleset, mereka terancam dipecat.
  3. Sales person terikat pada sebuah perusahaan dan tidak diizinkan memasarkan produk dari perusahaan lain (milik pesaing).
Ciri-Ciri Affiliate
Adapun ciri-ciri affiliate adalah sebagai berikut.
  1. Affiliate adalah orang yang bekerja memasarkan produk barang atau jasa beberapa perusahaan sekaligus. Ia tidak bergaji, ia hanya memperoleh komisi dari setiap produk yang berhasil ia jual.
  2. Affiliate tidak memiliki kontrak kerja dan target penjualan yang harus diraih dengan perusahaan yang menaunginya.
  3. Affiliate tidak terikat pada satu perusahaan, ia diperkenankan menjual produk dari berbagai perusahaan.
Ilustrasinya adalah sebagai berikut, sales person a bekerja di toko X, ia hanya diperkenankan menjual produk-produk toko X, ia memperoleh gaji dan komisi dari produk yang telah ia jual (jika melampaui target). Sedangkan affiliate b adalah orang yang bekerja di banyak perusahaan, ia diizinkan memasarkan semua produk.
Tidak bergaji tetapi penghasilannya hanya dari produk yang berhasil ia pasarkan. Dari dua pilihan di atas tentunya menjadi affiliate lebih menguntungkan karena komisi yang ia peroleh dapat melampaui penghasilan sales person, karena ia dapat bekerja di banyak tempat.
Apa yang Bisa Dijual di Internet?
Apa saja bisa dijual di internet. Lewat program affiliate atau afiliasi. Jika Anda memiliki produk sendiri, seperti jasa penerjemah, meja, kursi, barang-barang elektronik, dan sebagainya; barang-barang tersebut dapat Anda jual secara online. Jika Anda tidak memiliki produk, carilah produk yang berkualitas baik untuk dijual.
Telusuri linknya di google, daftarkan diri Anda pada program tersebut. Setelah mendaftar Anda akan mendapatkan username dan link khusus untuk memasarkan. Anda akan memperoleh komisi jika orang lain mengklik dan melakukan pembelian dari link di blog Anda.
Tempat Belajar Program Affilliate Marketing
NOMOR1 adalah sebuah tempat kursus internet marketing. Salah satunya mengajarkan tehnik mencari uang lewat program afiliasi. Anda akan dituntun setahap demi setahap menjadi internet marketer yang mampu menjual apa pun di internet.
Tunggu apa lagi, segera kunjungi NOMOR1, seraplah ilmu sebanyak banyaknya di NOMOR1. Satu-satunya cara untuk merugi adalah dengan tidak berusaha untuk mempelajarinya. Anda pasti bisa melakukanny
Previous
Next Post »
Thanks for your comment